Senin, 30 November 2009

Tip Power Point

Mencetak Catatan Slide
Anda ingin mencetak dokumen berisi catatan atau teks deskriptif yang berkaitan dengan isi setiap slide? PowerPoint memiliki feature yang bisa melakukan tugas itu,yakni Note Pages atau Speaker's Notes (nama feature tergantung versi PowerPoint yang anda gunakan).

Untuk melihat halaman Notes dari setiap slide, pergilah ke menu View dan pilih Notes Pages. Anda akan melihat image dari slide anda dan sebuah placeholder untuk menuangkan catatan atau tulisan apa pun yang anda ingin tambahkan. Anda pun bisa melakukan cut-and-paste teks dari word jika anda mau.
Untuk mencetak halaman-halaman berisi teks ini, klik File*Print. Ketika kotak dialog terbuka, pilih Notes Pages untuk menjawab pertanyaan "Print What:" yang terletak di bagian bawah kotak dialog. Halaman-halaman ini sebenarnya dirancang sebagai handout untuk peserta presentasi (ada sedikit ruang untuk audiens yang ingin membuat catatan) tetapi juga bisa digunakan si presenter.

Mulai Presentasi di Screen Show
Jika anda mengklik dua kali pada icon presentasi PowerPoint, program ini akan membuka presentasi untuk penyuntingan. Biasanya inilah yang anda inginkan. Tetapi ketika anda sedang melakukan presentasi dari komputer di hadapan audiens, akan kelihatan aneh jika anda membiarkan mereka menyaksikan PowerPoint meluncur, memampangkan splash screen, kemudian membuka presentasi di view slide dan akhirnya anda baru memulai pertunjukkan.
Pasti anda akan kelihatan lebih profesional jika PowerPoint langsung menayangkan presentasi dalam modus Slide Show. Tahukan anda, bahwa PowerPoint baru akan melakukannya jika anda minta?
Buka file presentasi anda, lalu pilih File*Save As dari bar menu. Pilih PowerPoint Show(*.pps) dari kotak daftar tipe file di bagian bawah kotak dialog Save As. Tekan Save.
PowerPoint menyimpan file presentasi sebagai file PoweerPoint Show (PPS). Bila Anda mengklik dua kali file PPS, PowerPoint akan membukanya langsung dalam modus Screen Show. Bahkan mungkin para hadirin tidak akan tahu anda menggunakan PowerPoint untuk presentasi anda.
Anda bisa juga melakukan hal yang sama, hanya dengan merename file powerPoint dan mengganti ekstensinya menjadi .PPS, bukan .PPT. Apa bedanya dengan proses yang sebelumnya?
Dengan merename, bukan Save As, anda tidak akan memiliki salinan ekstra dari file tersebut di harddisk (satu file .PPT dan satu .PPS). File PPS dan PPT sebenarnya identik. Anda tetap bisa membuka file PPS di PowerPoint kapan pun anda inginka menyunting file tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar