Minggu, 29 November 2009

Yang Harus Diperhatikan tentang Kolesterol

LDL (Low Density Lipoproteins)
Sering disebut lemak jahat. Berfungsi untuk pembentukan membran sel, enzim-enzim. LDL bisa dikatakan normal bila belum pernah terkena penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi. LDL normal bisa sampai 130, tetapi apabila pernah menderita penyakit jantung harus ditekan hingga di bawah 100.
HDL (High Density Lipoproteins)
Sering disebut lemak baik. Berfungsi untuk mengangkat sampah dan lemak ke hati. Merupakan jenis lemak dalam darah yang membantu menghilangkan kolesterol dari darah, mencegah lemak membangun dan mencegah pembentukan plak (kerak).
HDL yang normal, belum pernah terkena penyakit jantung, ada di atas 40-50. Namun, bila sudah pernah sakit jantung normalnya di atas 60.

Trigliserida
Trigliserida adalah bentuk lemak yang dibuat dalam tubuh dan dapat berfungsi sebagai penyeimbang diet makanan. Peningkatan trigliserida disebabkan oleh kelebihan berat badan/obesitas, aktivitas fisik, merokok, kelebihan konsumsi alkohol dan diet yang tinggi karbohidrat (60 persen dari total kalori atau lebih). Peningkatan kadar trigliserida dapat disebabkan pula oleh medis seperti diabetes, hipotiroidisme, penyakit ginjal, atau penyakit hati. Trigliserida normal di bawah 150.

Bagaimana cara alamiah menurunkan LDL, menaikkan HDL dan menurunkan Trigliserida?
1. Jangan sampai berlebihan, bisa jadi kurangi, makan makanan yang mengandung kolesterol.
2. Keluarkan lebih banyak kalori lewat aktivitas fisik dalam bentuk olahraga, banyak jalan.
3. Kurangi makanan yang mengandung gajih, kulit ayam, jeroan.
4. Gunakan minyak dengan kandungan kolesterol rendah.

Kapan periksa kolesterol di laboratorium?
Seseorang tidak punya faktor risiko cukup memeriksakan kolesterol satu tahun sekali. Bila ada faktor risiko, maksudnya, kalau punya hipertensi dan diabetes dan pernah diketahui kolesterol tinggi atau bahkan pernah strokeatau serangan jantung, pemeriksaan tergantung kemajuan klinisnya. Minimal satu bulan sekali.

sumber: Republika, ahad 29 Nopember 2009 

0 komentar:

Posting Komentar